Cara mengembalikan Grub Ubuntu dan Windows Yang Hilang


Ini pengalaman saya waktu itu saya mempunyai 2 OS dalam 1 laptop, suatu saat linux saya bermasalah mau gak mau saya harus delete pas sehabis saya delete saya restart ternyata tidak mau langsung masuk ke windows, ternyata ada masalah dalam pembagian grub saya setelah itu saya membuka referensi dari akang google akhirnya saya mencoba windows saya kembali normal.

Tetapi kalo untuk grub linux saya belum pernah mengalaminya kalo temen sudah cara seperti di bawah ini :
  1.  . Mengembalikan Grub loader Windows 7
  •  Gunakan CD installer Windows 7, Setting BIOS pada first Boot CD. 
  •  masuk pada windows 7 installasi, pilih menu repair your computer. 
  •  Setelah itu muncul proses pencarian sistem operasi. akan muncul tampilan system recovery option yaitu mendeteksi windows yang terpasang pada komputer.
  • Masuk ke Command Prompt
  • Ketikan perintah "bootrec.exe" dan Enter (tanpa Spasi)
                                  "bootrec.exe /FixMbr" dan Enter
                                  "bootrec.exe /FixBoot" dan Enter
  • Restart Komputer, Maka PC akan langsung masuk ke Windows 7.
  2.Mengembalikan Grub Loader Ubuntu
  • Masukan CD installer Ubuntu. 
  • Pilih "Try Ubuntu Without change your system
  • Buka aplikasi Terminal Ubuntu. 
  • Ketikan Perintah Berikut ini:
       $ sudo fdisk -l
Mencheck Partisi Ubuntu
Dari sini kita bisa liat mana yang partisi linux dan windows. /dev/sda6/ adalah partisi linux dimana disitulah tersimpannya grub loader dari ubuntu.
  
e. Mount partisi dimana instalasi Ubuntu berada:
sudo mount /dev/sdaX /mnt/dev/sdaX 
adalah lokasi instalasi Ubuntu. Lokasi instalasi ini tergantung pada hasil pada langkah d.
  
  • Install grub ke partisi yang sudah di-mount
sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda 
  •   Update GRUB
Setelah semua langkah diatas sukses dijalankan, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah merefresh GRUB yang baru saja diinstall.
sudo update-grub
Terakhir, restart komputer Anda untuk memastikan apakah GRUB sudah tampil pada saat booting.
Update:
Kalau cara diatas belum berhasil (kadang-kadang muncul pesan /usr/sbin/grub-probe: error: cannot stat `aufs'), maka yang harus Anda lakukan adalah:
sudo mount /dev/sda1 /mnt
sudo mount --bind /dev /mnt/dev
sudo mount --bind /proc /mnt/proc
sudo mount --bind /sys /mnt/sys
sudo chroot /mnt

update-grub
grub-install /dev/sda
grub-install --recheck /dev/sda
exit
sudo umount /mnt/dev/pts
sudo umount /mnt/dev
sudo umount /mnt/proc
sudo umount /mnt/sys
sudo umount /mnt
Lalu jalankan lagi sudo update-grub sampai partisi Windows Anda dikenali. Kalau sudah muncul pesan seperti ini:
Found Windows 7 (loader) on /dev/sdaX
itu berarti GRUB nya sukses di recover

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara mengembalikan Grub Ubuntu dan Windows Yang Hilang"

  1. Santekno Terimakasih gan ane jadi bisa lagi grubnya, kmarin2 ane udah install ulang windownya :D

    ReplyDelete
  2. mas bro
    disaat ketik “fdisk -l” muncul tampilan berikut

    root@ubuntu:/home/ubuntu# fdisk -l

    WARNING: GPT (GUID Partition Table) detected on ‘/dev/sda’! The util fdisk doesn’t support GPT. Use GNU Parted.

    Disk /dev/sda: 500.1 GB, 500107862016 bytes
    255 heads, 63 sectors/track, 60801 cylinders, total 976773168 sectors
    Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
    Sector size (logical/physical): 512 bytes / 4096 bytes
    I/O size (minimum/optimal): 4096 bytes / 4096 bytes
    Disk identifier: 0x9933ca03

    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sda1 1 976773167 488386583+ ee GPT
    Partition 1 does not start on physical sector boundary.

    Disk /dev/sdb: 3879 MB, 3879731200 bytes
    32 heads, 63 sectors/track, 3758 cylinders, total 7577600 sectors
    Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
    Sector size (logical/physical): 512 bytes / 512 bytes
    I/O size (minimum/optimal): 512 bytes / 512 bytes
    Disk identifier: 0x704e2a71

    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sdb1 * 63 7576127 3788032+ c W95 FAT32 (LBA)

    muncul seperti di atas solusinya gmn mas bro?

    ReplyDelete